Latest Post

Monday 16 February 2015

Dimensi Sosial dan Teknologi : Teori Strukturasi | Anthony Giddens

Menurut teori strukturasi, domain dasar kajian ilmu-ilmu sosial bukanlah pengalaman masing-masing aktor ataupun keberadaan setiap bentuk totalitas kemasyarakatan, melainkan praktik-praktik sosial yang terjadi disepanjang ruang dan waktu.

Strukturasi merupakan proses yang mana konsekuensi tindakan yang tidak disengaja (unintended consequences of action) menciptakan norma, aturan, peran, atau struktur sosial lainnya yang akan menghambat atau mempengaruhi tindakan di masa depan.

Foucault Kuasa disiplin memiliki fokusnya pada manipulasi tubuh, yang terutama dianggap sebagai sebuah mesin yang bisa di setel secara pas.

Kontekstualitas urbanisme modern. Rykwert, misalnya memperlihatkan bentuk simbolis yang dimiliki oleh banyak kota dibelahan luas dunia. ---> Jual beli waktu, seperti waktu kerja, tentunya adalah salah satu unsur khas dari kapitalisme modern.

Komodifikasi waktu, yang mengarah pada mekanisme produksi industrial, menghapuskan pembedaan khas antara kota dan desa yang menjadi ciri khas masyarakat-masyarakat terbagi kelas.

Dalam mengategorisasi konteksualitas sebagaimana tak terpisahkan dalam hubungan integrasi sosial dan sistem - Jalur harian ruang waktu - Sebaran perjumpaan - Regionalisasi lokal-lokal - Kontekstualitas wilayah - Persinggungan lokal-lokal.

Skema ini mengungkapkan suatu konsepsi waktu sebagai keberulangan abadi, yang pada gilirannya menjadi bagian dari komposisi dasar aktivitas sehari-hari.

Profile Singkat Tokoh :
Anthony Giddens merupakan seorang sosiolog dari London yang terkenal berkat pengembangan teori stukturasi yang mengkritik adanya teori fungsionalisme dari Talcott Parsons. Giddens adalah teoritis sosial Inggris masa kini yang sangat penting dan salah seorang dari sedikit teoritisi yang sangat berpengaruh di dunia. Giddens lahir 18 Januari 1938 (Clark, Modgil dan Modgil, 1990). Giddens menghasilkan buku yang berjudul The Class Structure of Advanced Societies (1975). Terdapat juga tokoh Marshal Scott dan Robert McPhee.


No comments:

Post a Comment